Laman

Jumat, 04 November 2011

Keutamaan Ilmu dalam ISLAM

Islam adalah agama yang sempurna , semua aspek kehidupan baik di dunia maupun di akhirat ada di dalamnya dan diatur sedemikian rupa demi kebaikan umat manusia. Islam tidak hanya berisi ajaran spiritual saja melainkan juga berisi ajaran mengenai aspek material sehingga Islam selalu seimbang dalam berbagai bidang kehidupan.

Islam sangat memperhatikan ilmu, hal ini dijelaskan oleh Allah SWT dalam firman-Nya Q.S Al-Mujadalah:11, Q.S Az-Zumar : 9, Q.S Al-Fathir : 19-22, 28, dan lainnya. Dalam Al-Qur’an kata ilmu disebut sebanyak 88 kali sedangkan kata-kata yang dibentuk dari kata ilmu terdapat ratusan kali. Bahkan Allah SWT dalam firman-Nya Q.S Al-Mujadilah : 11 akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kita dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Ilmu juga merupakan salah satu dari 3 amalan yang tidak terputus ketika manusia telah meninggal, merupakan penuntun amal (Q.S Muhammad : 19), juga memberi petunjuk kepada iman (Q.S Ar-Rum : 36). Rasulullah pun lebih menyukai kelebihan ilmu dibanding kelebihan ibadah.

Dalam berbagai riwayat ketika Nabi Sulaiman A.S diberi pilihan oleh Allah SWT antara harta dengan ilmu , beliau lebih memilih ilmu daripada harta sebab dengan ilmu maka harta pun dapat diperoleh sedangkan harta tidak bisa memperoleh ilmu kemudian kisah tentang Nabi Musa A.S yang diperintahkan oleh Allah SWT  untuk mencari ilmu kepada Nabi Khidir A.S juga merupakan salah satu wujud perintah Allah SWT kepada kita untuk terus mencari ilmu.
Ilmu merupakan hal yang utama sebagai penuntun utama ibadah kepada Allah SWT, ilmu memberi petunjuk kepada iman, penuntun amal yang benar, salah satu wujud ibadah kepada Allah SWT, cara untuk  memahami kekuasaan Allah SWT sehingga melahirkan keimanan yang mantap bagi yang memahami, dan lain sebagainya.

Dengan mengusai ilmu maka hal itu lebih berharga daripada harta yang memenuhi seisi dunia karena ilmu pasti akan menjaga kita sebaliknya justru harta`yang harus kita jaga.

Dengan menguasai ilmu maka dunia pun bisa kita kuasai,jika kita memilih harta maka hartalah yang akan menguasai kita. Hal ini telah dibuktikan oleh para ilmuwan muslim pada zaman keemasan Islam yang banyak berjasa`di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, mereka bersungguh-sungguh memahami gejala-gejala alam dan mempelajari hikmah dibalik itu semua. Pada akhirnya dengan ilmu yang mereka peroleh, mereka berhasil membangun peradaban yang gemilang dan belum mampu disamai oleh bangsa-bangsa lain pada saat itu.  Ilmu yang mereka peroleh tidak mereka simpan sendiri, mereka bahkan menyebarkan ilmu yang mereka peroleh secara cuma-cuma kepada siapapun yang membutuhkan bahkan kepada bangsa yang secara terang-terangan memusuhi Islam. Mereka sadar bahwa ilmu yang mereka miliki merupakan milik Allah semata sehingga mereka berkewajiban menyebarluaskannya.

Ilmu pengetahuan merupakan salah satu cara untuk mengembalikan kembali kejayaan Islam. Dengan ilmu kita tidak bisa dibodohi atau dipengaruhi, dengan ilmu kita`akan selalu terjaga, dengan ilmu kita dapat memperoleh kebahagian di dunia dan di akhirat, dengan ilmu kita dapat membedakan benar dan salah, dengan ilmu keimanan kita akan selalu terjaga, dengan ilmu kita tidak akan tersesat, dengan ilmu kita dapat mengubah kelemahan menjadi kekuatan, dengan ilmu semua masalah dapat diselesaikan, dengan ilmu kita dapat mengetahui rahasia alam semesta beserta isinya, dan dengan ilmu maka islam akan bangkit kembali. (why)